Berdasarkan pemikiran, aqidah kristen bukanlah kebenaran

Oleh : Agus Trisa

Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani rahimahullah mengkritik akidah orang-orang Kristen dan menyatakan bahwa akidah mereka bukanlah kebenaran.

Ketika membahas tentang 'kebenaran' beliau menyatakan :

"Agama Kristen merupakan pemikiran, adalah benar. Dan proses pencerapan telah mentransfer pemikiran bahwa Tuhan Bapak, Tuhan Anak, dan Roh Kudus adalah satu. Jadi tiga adalah satu dan satu adalah tiga.

Ini sebagaimana matahari yang di dalamnya terdapat cahaya, panas, dan zat matahari itu sendiri. Seluruhnya adalah satu, dan seluruhnya adalah tiga. Begitu juga dengan tuhan, yang terdiri dari Tuhan Bapak, Tuhan Anak, dan Roh Kudus.

Pemikiran tentang tuhan seperti itu telah memenuhi tuntutan fitrah, yaitu naluri beragama (gharizah at-tadayyun). Keyakinan ini memang merupakan pemikiran. Tetapi yang menjadikannya sebagai kebenaran adalah sesuai atau tidaknya pemikiran tersebut dengan fakta.

Ketika ia dicocokkan dengan fakta, dapat disaksikan bahwa tiga itu bukan satu, dan satu itu bukan tiga. Tiga adalah tiga dan satu adalah satu. Adapun bahwa matahari mempunyai cahaya dan panas, tidak menunjukkan bahwa matahari itu tiga, tapi tetap satu, yaitu matahari. Cahaya merupakan satu sifat (karakteristik) dari sifat-sifat matahari, bukan merupakan matahari yang ke dua. Demikian pula panas, ia hanya merupakan satu sifat dari sifat-sifat matahari, bukan matahari yang ketiga.

Adapun pemikiran tersebut telah mampu memenuhi tuntutan fitrah, itu tidak ada nilainya sedikit pun. Karena naluri beragama membutuhkan pemuasan. Sedangkan pemuasannya terkadang salah atau bahkan menyimpang, dan terkadang juga benar.

Menetapkan bahwa tuhan itu satu atau tiga sesungguhnya hanya melalui akal saja, bukan melalui fitrah. Meskipun, syarat pemikiran rasional tersebut harus memenuhi tuntutan fitrah. Berdasarkan penjelasan di atas, maka pemikiran bahwa tuhan itu tiga adalah tidak sesuai dengan fakta tuhan, sehingga ia bukan suatu kebenaran. Maka, agama Kristen bukan suatu kebenaran."

[At-Tafkir]

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget